Searching...
Monday, 7 January 2013

Tidak Ingin Memiliki Perut Buncit? Ikuti Tips Berikut!


Tips Diet Sehat - Memiliki perut buncit tentu akan sangat mengganggu penampilan Anda. Tak hanya itu, perut buncit juga memiliki resiko kesehatan yaitu terserang berbagai penyakit yang terkait dengan dampak dari obesitas karena perut buncit mengandung lemak visceral yang amat berbahaya bagi tubuh.

Perut Buncit
Foto: Ist
So, jika Anda ingin memiliki lingkar perut yang ideal, ikuti 5 tips mencegah perut buncit di bawah ini

1. Konsumsilah serat larut secara teratur

Salah satu kunci untuk mencegah perut buncit adalah memastikan 30-35 persen dari makanan yang dikonsumsi merupakan serat larut. Satu studi menemukan bahwa orang-orang yang lebih banyak mengkonsumsi serat larut, mengalami pengurangan lemak perut dari waktu ke waktu. Sumber yang baik bagi serat larut merupakan kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, telur, dan daging tanpa lemak. Untuk beberapa pilihan yang unik, cobalah edamame dan protein kedelai.

2. Rajin berolah raga

Banyak penelitian telah menemukan bahwa latihan intensitas tinggi hingga latihan intensitas sedang dapat membantu mencegah pengumpulan lemak visceral di dalam perut. Satu studi dari Duke University menemukan bahwa ketika Anda meningkatkan waktu untuk berolahraga dan melakukannya scara rutin maka lemak perut akan berkurang secara signifikan.

Pastikan latihan yang Anda lakukan seimbang dengan mencakup latihan beban dan kardio. Beberapa latihan kardio seperti jogging, tenis, basket atau lompat tali akan berguna untuk membakar lemak. Sementara latihan beban merupakan pilihan bagi Anda, apakah ingin mendapatkan tubuh kencang atau sekedar kurus. Namun, apapun latihan yang Anda pilih, pastikan untuk menerapkannya secara teratur pada pagi atau sore hari.

3. Banyak minum air putih

Mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Di dalam diet yang sehat, air putih berguna untuk mengeluarkan racun dan menjaga metabolisme tubuh tetap sempurna. Selain efek terhidrasi, dengan mengkonsumsi air putih sebelum makan, maka Anda juga mendapatkan rasa kenyang sehingga tidak mengkonsumsi makanan terlalu banyak. Suatu studi menyebutkan bahwa orang yang minum dua gelas air sebelum makan, mengkonsumsi kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Jadi, sebagai solusi mencegah perut buncit, cobalah untuk membawa sebotol air mineral kemanapun Anda pergi.

4. Konsumsilah banyak buah-buahan

Menurut sebuah studi dari University of Michigan, orang-orang yang mengkonsumsi blueberry setiap hari mendapatkan lemak perut yang jauh lebih sedikit daripada yang tidak. Mereka juga mengalami kemungkinan yang jauh lebih sedikit terhadap penyakit jantung dan diabetes. Grapefruit juga merupakan pilihan lain yang baik untuk mencegah perut buncit. Dua manfaat utama dari grapefruit adalah indeks glikemik yang rendah dan dapat membakar lemak dengan jauh lebih baik. Buah-buahan lain yang membantu mengurangi kenaikan lemak perut adalah semangka, jeruk, lemon, dan kiwi. Cobalah untuk memastikan diri Anda mengkonsumsi setidaknya satu buah setelah makan, atau bila bosan, Jus untuk diet dari buah-buahan alami juga bisa menjadi pilihan.

5. Mengkonsumsi makanan sehat lebih sering

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan lebih sering dapat membantu penurunan berat badan. Ketika periode pengkonsumsian makanan jauh lebih sering, maka metabolisme Anda akan bekerja secara perlahan-lahan. Saat hal itu dilakukan secara terus-menerus, metabolisme akan bekerja jauh lebih baik dan pembakaran lemak bisa lebih sempurna. Juga, disarankan untuk memasukkan beberapa varan camilan seperti almond, anggur, apel, yogurt rendah lemak, dan biscuit gandum.

Selamat mencoba...


(Berbagai sumber)

0 comments:

Post a Comment