Searching...
Wednesday 9 January 2013

Daftar Karbohidrat Kompleks yang Baik Untuk Diet

23:00

Tips Diet Sehat - Banyak orang yang beranggapan bahwa semua karbohidrat adalah penyebab utama kegemukan, padahal anggapan itu adalah salah.

Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Penyebab utama kegemukan adalah karbohidrat sederhana, seperti nasi, roti putih, dan mie. Sedangkan karbohidrat yang baik untuk diet atau bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah karbohidrat kompleks.

Karbohidrat Kompleks
Foto: Ist

Berikut jenis-jenis makanan atau sumber karbohidrat kompleks:

1. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh merupakan salah satu sumber karbohdidrat kompleks yang banyak kita temukan di pasaran. Tetapi, Anda harus selalu waspada karena roti gandum yang ada belum tentu baik bagi kesehatan, dan hanya mengandung sedikit serat. Lihat kemasan di dalam roti gandu tersebut, jika Anda menemukan tepung terigu, gula fruktosa, perasa buatan, dan sirup jagung maka jangan membelinya.

2. Bijirin gandum atau gandum utuh

Mengkonsumsi bijirin gandum membuat Anda mendapatkan manfaat utama dari karbohidrat kompleks, karena gandum utuh belum mengalami pengolahan lanjutan layaknya pasta dan roti putih. Dengan mengkonsumsi gandum utuh, maka Anda akan memperoleh rasa kenyang yang jauh lebih lama, dan metabolisme meningkat. Mengapa demkian? Karena tubuh akan memerlukan banyak energi untuk memprosesnya.

3. Kacang-kacangan

Kacang merah, buncis, kedelai, dan kacang polong membuat perut Anda kenyang dengan segera, serta dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Ketahuilah bahwa kacang-kacangan mengandung folic acid, serat, vitamin, serta dua elemen penting dalam diet yaitu protein dan karbohidrat kompleks. Anda bisa mendapatkan manfaat terbaiknya dengan mengkonsumsi kacang-kacangan segar dan tanpa bahan pengawet.

4. Oatmeal

Oatmeal termasuk salah satu sumber karbohidrat kompleks yang paling terkenal. Memiliki kandungan indeks glikemik rendah dan merupakan pilihan diet terbaik. Agar tidak bosan dalam mengkonsumsi oatmeal, Anda bisa menambahkan kayu manis, susu skim rendah lemak, dan satu sendok madu. Tambahkan pula kacang merah, almond, atau potongan pisang jika Anda menyukainya. Terapkan oatmeal untuk diet ketika sarapan sebagai bentuk pola makan sehat untuk diet Anda.

5. Sayuran mentah

Ini adalah sumber terbaik yang memberikan karbohidrat sehat, nutrisi penting seperti zat besi, vitamin serta potassium. Juga, salah satu yang dibanggakan dari sayuran adalah kandungan seratnya yang tinggi. Syuran pada umunya juga rendah kalori dan mengandung lemak baik sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan Anda. Konsumsilah sayuran dengan beragam warna seperti wortel, yam, tomat, brokoli, dan salada.

6. Kacang dan biji-bijian

Kacang almond, hazelnut, dan walnut serta berbagai biji-bijian lainnya merupakan sumber protein yang baik dan mengandung lemak sehat sebagai alat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang mengalami peningkatan, tentu berdampak langsung pada penurunan berat badan Anda. Juga, Anda disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks dengan berbagai sumber protein nabati demi penurunan berat badan yang lebih baik.

7. Ubi manis

Perlu Anda ketahui bahwa ubi manis meemerlukan waktu yang lama untuk dicerna tubuh. Dengan cara itu, gula darah Anda akan tetap stabil. Selain berkontribusi karena kandungan karbohidrat kompleksnya, ubi manis juga memiliki kandungan vitamin c, serat, dan potassium yang tinggi. Manfaat ubi manis juga akan lebih terserap apabila Anda mengkukusnya. Hindari melakukan penggorengan terhadap ubi karena nutrisinya bisa rusak. 

(Source: www.wolipop.detik.com)

0 comments:

Post a Comment